Seminar Nasional V SDM Teknologi Nuklir

Sekolah Tinggi Tenologi Nuklir-BATAN Yogyakarta menggelar Seninar Nasional V SDM Teknologi Nuklir selama sehari pada tanggal, 5 Nopember 2009 dengan tema "Penyiapan SDM Nuklir Untuk Kesejahteraan Masyarakat" bertempat di Auditorium Kampus STTN-BATAN Jl. Babarsari Yogyakarta dan secara resmi Seminar dibuka langsung oleh Dr. Hudi Hastowo beliau selaku Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Menurut Toto Trikasjono, SST, M.Kes. selaku ketua pelaksana melaporkan, Seminar kali ini diikuti dari BATAN, BAPETEN (Badan Pengawas Tenaga Nuklir) dan Unsur Perguruan Tinggi. Makalah yang masuk berjumlah 103 makalah dan setelah di seleksi makalah yang dapat dipresentasikan sebanyak 89 makalah, sedangkan yang tidak lolos sebanyak 14 makalah. Adapun makalah yang dipresentasikan dari: 1). BATAN : 79 makalah, terdiri dari PRSG 11 makalah, PTBN 11 makalah, PRPN 5 makalah, PTLR 5 makalah, PTRKN 4 makalah, PATIR 2 makalah, PRR 2 makalah, PPEN, PTNBR, PUSDIKLAT dan Kator Pusat masing-masing 1 makalah serta STTN 35 makalah. 2). BAPETEN : 7 makalah dan dari unsur Perguruan Tinggi : 3 makalah yaitu dari Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan (STTL) 2 makalah, dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) 1 makalah.

Disamping itu pelaksanaan Seminar dipilah mejadi dua yaitu makalah yang disajikan secara oral 36 makalah dan secara poster sebanyak 53 makalah. Dari 89 makalah dikelompokkan menjadi 4 yaitu kelompok Kajian SDM Nuklir 11 makalah, Kelompok Fisika dan Instrumentasi 33 makalah, Kelompok Keselamatan dan lingkungan 16 makalah, serta kelompok Kimia dan Proses 29 makalah.

Menurut Prof. Dr. Kris Tri Basuki selaku Ketua STTN-BATAN dalam sambutannya menjelaskan: Seminar SDM Teknologi Nuklir merupakan seminar tahunan yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN-BATAN) sebagai salah satu bentuk hubungan sinergi antar lembaga adalah dengan diskusi dan dialog, sehingga dapat terjadi transfer pengetahuan yang pada akhirnya menghasilkan SDM yang handal dalam bidang teknologi nuklir dalam rangka penyiapan SDM Teknologi Nuklir untuk Kesejahteraan Masyarakat.

Ada 2(dua) pembicara utama dalam seminar ini, yaitu : pertama, Dr. Hudi Hastowo (Kepala BATAN) dengan thema "Penyiapan SDM Teknologi Nuklir" ,dan yang kedua, Prof. Dr. Ir. Wahyudi Budi Setiawan (Guru Besar Fakultas Teknik UGM).dengan tema "Pengembangan SDM Nuklir utuk Kesejahteraan Masyarakat".

Adapun tujuan dari seminar ini adalah untuk mengembangkan kemitraan antara lembaga Litbang, Industri dan Perguruan Tinggi serta sebagai sarana serta wahana untuk berdialog dan diskusi secara ilmiah antara sesama para peneliti di lembaga litbang, lembaga industri, dan perguruan tinggi khususnya penyiapan SDM di bidang teknologi nuklir.
Share on Google Plus

About marbun

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment